Perencanaan membawa masa depan ke masa kini sehingga Anda dapat melakukan sesuatu tentang hal itu sekarang.  

PEMERIKSAAN JENTIK JENTIK DAN IKANISASI

ARIFATUL HANIAH | 03 Desember 2021 10:24:59 | Berita Desa | 201 Kali

Pemeriksaan jentik merupakan pemeriksaan yang pada setiap tempat-tempat penampungan air yang ada yang lebih dominan dihinggapi nyamuk sebagi sarangnya. 
Pemeriksaan jentik dilakukan dengan mengutamakan pemberantasan pada nyamuk demam berdarah yaitu nyamuk Aedes Aeggepty. 
Mengingat bahwa demam berdarah waktu itu pernah menjadi satu faktor utama penyakit yang mematikan pada saat ini banyak digalakkan pemeriksaan jentik pada tiap-tiap rumah. Nyamuk Aedes Aeggepty biasanya berkembang diberbagai penampungan air yang bersih. Biasanya pada bak mandi, tempayang, dan bekas-bekas kaleng yang ada pada daerah sekitar. Nyamuk ini mampu hidup pada ketinggian sampai 1000 m dari permukaan laut, suka hidup didaratan rendah yang berpenghuni padat. Dari telur hingga dewasa mencapai kurang lebih 12 hari. 
Nyamuk tersebut dapat menggigit pada saat sore hari. Jarak terbang pada nyamuk tersebut juga mencapai 100 m. Nyamuk betina biasanya mampu hidup kurang lebih 3 bulan sedangkan nyamuk yangjantan mampu hidup hanya 30 hari saja. 
Pemeriksaan Jentik Jentik dilakukan Oleh Kader Jumantik Khususnya di Desa Sendangagung. Kami berupaya sebisa mungkin untuk melakukan ini tiap tahun. setelah ada pemeriksaan dilakukan Kegiatan Ikanisasi pada setiap rumah warga agar  tingkat pemeriksaan jentik jentiknya berkurang. 
 
Tata cara melakukan pemeriksaan jentik dapat dilakukan dengan baik setelah memperoleh wawasan yang luas yang diberikan oleh petugas. Adapun tata cara pemeriksaanya meliputi : 
1. Pemeriksaan bak mandi yang ada pada WC, tempayan, drum dan tempat penampungan yang lainnya. 
2. Jentik nyamuk biasanya muncul pada permukaan air untuk bernafas, jika belum muncul tunggulah ekitar 1 menit 
3. periksa segala macam tempat yang relatif menjadi penmpungan air. Misalnya vas bunga, tempat minum burung, kaleng-kaleng yang ada. 

Akan tetapi perlu diingat bahwa jentik hidup pada tempat yang menjadi penampungan air. Bak sampah salah satu tempat yang menjadi sarang nyamuk, tentu saja secara logika nyamuk tersebut akan bertelur ditempat itu juga. 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Aparatur Desa

Back Next

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung